Ciri Ciri Wanita Hamil : Perubahan Payudara dan Areolanya

Perubahan pada payudara di wanita yang hamil biasanya masuk di minggu pertama sampai kedua. Bisa dikatakan perubahan pada bulan pertama.

Areola merupakan kulit yang ada di sekitar puting payudara yang memiliki warna yang lebih gelap dari sebagaian payudara wanita.

Areola bentuknya melingkar dengan lebar yang tidak sama pada setiap wanita. Di bagian areola inilah tumbuh jaringan otot yang membuat puting semakin tegak untuk persiapkan wanita menyusui bayinya. Warna areola pada umumnya berwarna merah muda, coklat, krem hitam dan coklat hitam.

Penyebab Utama Berubahnya Payudara dan Areola Wanita Hamil

Areola yang berubah menjadi gelap terjadi karena ada hormon prosgesteron dan estrogen yang bekerja aktif sebagai pemicu pigmen wanita hamil yang menumbuhkan berbagai macam gejala. Berikut ini beberapa gejala yang disebabkan oleh kedua hormon tersebut:

– Diamater bagian areola semakin membesar selama masa kehamilan.
– Warna gelap ketika minggu pertama dan minggu selanjutnya selama masa kehamilan.
– Tumbuh kelenjar montgomery yang membuat areola seperti ada bintik, benjolan seperti jerawat.
– Hormon yang diproduksi semakin lama semakin banyak sehingga payudara membesar selama kahamilan.
– Kulit areola semakin tebal.
– Air susu ibu bocor.
– Payudara terasa nyeri.
– Puting tegak, membesar dan menonjol.
– Dan perubahan yang lain pada payudara.

Tujuan Perubahan Areola

Perubahan pada areola berupa benjolan, bintik yang disebabkan oleh kelenjar montgomery tidak membahayakan bahkan lebih membantu ibu hamil dalam proses menyusui nantinya. Munculnya bintik tersebut memiliki kandungan minyak yang berfungsi melumasi dan melindungi kulit areola yang sensitif.

Sehingga ketika digunakan untuk menyusui tidak terasa sakit dan kering namun untuk pertama kali terasa sakit karena butuh rangsangan. Tujuan utama perubahan areola menjadi lebih hitam adalah sebagai berikut:

– Areola yang menjadi lebih gelap memudahkan bayi untuk minum air susu ibu pertama kali karena sistem penglihatannya masih tidak jelas dan kabur.

– Kulit areola yang sensitif perubahannya diperlukan karena untuk melumasi dan melindungi ketika menyusui agar tidak sakit karena nanti akan ada satu tekanan, kikisan dan tarikan seorang bayi minum air susu ibu.

– Minyak yang ada di kelenjar montgomery memiliki kandungan dengan bau yang khas untuk merangsang nafsu makan bayi lebih efektif.

Cara Mengatasi Areola yang Gelap

Perubahan areola yang gelap pada wanita yang hamil merupakan hal yang sangat wajar karena hal ini sangat baik untuk bayi. Hindari untuk menggunakan obat-obatan atau krim ketika wanita malu atau ingin menghilangkan areola yang gelap dan hitam tersebut.

Cara mengatasi sebaiknya tidak perlu dihilangkan karena hal ini merupakan dalam keadaan normal. Bukan penyakit atau kuman yang membahayakan namun menguntungkan untuk bayi dan nafsu makan nantinya. Proses penggelapan pada areola akan perlahan-lahan berkurang dan hilang dengan sendiri ketika ibu selesai menyusui.

Untuk itu, perubahan payudara maupun areola atau yang lainnya ketika masa kehamilan tidak perlu takut dan khawatir, yang terpenting normal dan tidak menyalahi aturan medis. Hal inilah yang perlu diketahui bagi pasangan istri hamil. Karena perubahan ini salah satu ciri ciri wanita hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *